rumah kpr di tembalang

Kredit Perumahan Rakyat (KPR) merupakan cara pembiayaan oleh bank bagi masyarakat yang ingin membeli properti dengan bunga ringan setiap pembayaran per bulannya. Kredit seprti ini akan semakin mempermudah masyarakat dalam kepemilikan sebuah properti dijual dimanapun.

Tidak semua bank bekerjasama dengan pengembang-pengembang komplek perumahan. Tapi tidak perlu khawatir karena biasanya developer atau pengelola suatu pemukiman membantu proses ini sampai di setujui oleh bank yang bekerjasama. Meskipun semuanya di bantu oleh pihak pengelola bukan berarti masyarakat menerima beres semuanya. Calon pembeli di minta untuk menyediakan modal pembayaran DP dan biaya administrasi mengurus KPR tersebut.

Kawasan Semarang, Jawa Tengah memiliki prospek cerah untuk calon pembeli properti yang ingin membeli iklan dijual rumah pada kawasan tersebut. Pembangunannya cukup gencar dan fasilitas di setiap lingkungan pemukiman juga lumayan lengkap. Kawasan ini akan terus berkembang dari tahun ke tahun.

Masyarakat bisa mengandalkan beberapa area di Semarang untuk hunian dengan menggunakan pembayaran Kredit Perumahan Rakyat (KPR) tersebut. Salah satunya adalah area Tembalang. Berada di pusat kota membuat area ini memiliki banyak keuntungan dengan berbagai macam fasilitas dan keuntungan lainnya. Berhubung lokasinya berada di pusat Kota maka sudah pasti soal akses tidak perlu di ragukan lagi, sangat strategis sekali.

Harga iklan rumah di Tembalang, Semarang hanya berkisar 500 juta sampai 800 juta an saja. Cukup murah dan terjangkau bagi calon pembeli dengan penghasilan per bulan minimal 4 atau 5 juta per bulan. Beli properti di area tersebut akan semakin mudah dengan memanfaatkan sistem KPR. Cukup membayarkan DP sekitar 20% dari harga per unit hunian dan menyicil dengan bunga ringan setiap bulannya kepada pihak bank tersebut.

Bagaimana Cara mengurus KPR?

rumah dijual di tembalang

Sebenarnya tidak perlu mengurusnya sendiri karena pihak pengelola akan menawarkan diri agar bisa di bantu dalam pengurusan KPR sampai jadi. Tapi tidak ada salahnya jika calon pembeli ingin sekedar mengetahui bagaimana cara mengurusnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin bisa di lakukan :

  • Datang ke kantor bank yang bekerjasama

Datangi kantor cabang bank yang berkerjasama dengan developer perumahan tersebut. Nanti disana calon pembeli akan di minta mengisi beberapa formulir atau aplikasi dan menandatangani perjanjian-perjanjian antara bank dengan si pembeli. Ikuti saja alurnya sampai selesai. Baca dengan benar dan teliti setiap perjanjian-perjanjian rumah dijual di Tembalang yang di tanda tangani jangan sampai terlewatkan atau ada yang tidak di mengerti. Lebih baik banyak bertanya daripada nantinya akan merasa sulit kedepannya.

  • Menunggu Konfrimasi

Biasanya setelah calon pembeli properti sudah mengisi formulir dan melengkapi segala macam dokumen yang di butuhkan, akan di hubungi oleh pihak bank di terima atau tidak pengajuan KPR tersebut.

  • Biaya

Siapkan biaya-biaya yang akan di keluarkan pada saat mengurus Kredit Perumahan Rakyat. Biasanya akan di kenakan biaya administrasi, biaya notaris dan biaya akad (di sahkannya KPR). Tidak perlu khawatir soal biaya, biasanya total biaya yang akan keluar dari pengajuan ini sekitar 2 juta an rupiah. Yang paling mahal adalah untuk biaya notarisnya.

  • Slip Gaji

Terakhir adalah slip gaji. Ini sangat vital sekali, jika penghasilan per bulan calon pembeli kurang dari upah minimum biasanya akan di tolak. Namun ada siasatnya agar pengajuan tidak di tolak. Jika pembeli bekerja di salah satu perusahaan mungkin bisa bekerjasama dengan pihak keuangan di perusahaan kalian untuk pengajuan KPR. Meskipun hal seperti ini sebenarnya sangat tidak di anjurkan tapi sudah lumrah di lakukan banyak orang.

Wawancara Pengajuan KPR Rumah Di Tembalang

Dalam pengajuan KPR ada yang namanya sesi wawancara. Disini calon pemohon akan banyak di tanya oleh pihak bank, berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering di lakukan oleh bank :

  1. Jenis pekerjaan yang di jalan sekarang ini
  2. Status kepagawaian
  3. Pendapatan per bulan
  4. Pengeluaran rutin setiap bulannya
  5. Kredit atau cicilan-cicilan lainnya yang di miliki pemohon

Info ini bisa di manfaatkan ketika kalian ingin melakukan beli iklan rumah dijual di Tembalang, Semarang. Tapi saran dari penulis adalah lebih baik minta di bantu oleh pihak marketing atau pengelola properti tersebut sampai ke tahap KPR di setujui.